PROPOSAL
Manajemen Sitem Kepelatihan
“Pelatihan Public
Speaking Untuk Mahasiswa UNP”
Disusun Oleh Kelompok 5
Shahmata
Islami
Vori
Alvionita
Andari
Nelcha
Diena
Rosyidiannisa
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Padang
2015
BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Mahasiswa merupakan aset bangsa yang perlu dibina
dan dikembangkan. Sebagai generasi penerus bangsa, kelangsungan suatu bangsa
untuk masa yang akan datang sangat bergantung kepada mahasiswa yang ada saat
ini. Oleh karena itu, mahasiswa perlu dibekali dengan berbagai keahlian seperti
keahlian dalam bidang Public speaking.
Kemampuan berbicara adalah salah satu anugerah dari
tuhan yang luar biasa. Namun banyak mahasiswa yang berpendapat bahwa berbicara
adalah hal alamiah yang akan berkembang seiring bertambahnya usia. Sehingga
mereka beranggapan tidak perlu belajar dan melatih keterampilan dalam
berbicara. Akibatnya banyak ditemui mahasiswa yang diam-diam saja dalam diskusi
atau malah berbicara seenaknya saja tanpa memikirkan apa isi, tujuan, maksud
dan dampak dari pembicaraan tersebut. Satu hal yang sangat disayangkan adalah
ketika seseorang mahasiswa yang memiliki pengetahuan yang luas tetapi saat
tampil di depan orang banyak justru membuat pendengarnya bingung dan tidak
mengerti dengan konten pembicaraannya. Melihat kondisi ini, perlu rasanya
diangkat suatu kegiatan yang bisa menjawab persoalan tersebut, kegiatan ini berupa
latihan Public Speaking.
Mahasiswa merupakan pioneer dan tonggak dari sebuah
perubahan. Mahasiswa diharapkan mampu menjadi penerus bangsa yang mampu merubah
wajah dunia nantinya. Mahasiswa adalah kaum intelektual yang mampu berfikir
kritis terhadap segala permasalahan – permasalahan yang tengah ada. Mahasiswa
juga berkaiatan erat dengan organisasi dan keterampilan public speaking.
Keterampilan public speaking merupakan suatu hal yang hendaknya dikuasai oleh
mahasiswa agar dapat melaksanakan fungsinya dalam kehidupan dan berorganisasi
dengan baik. Perguruan tinggi bukan hanya tempat belajar dan belajar saja,
namun sebagai wadah pengembangan kepribadian dan keterampilan. Untuk itu
diperlukan suatu kegiatan yang dapat melatih dan membimbing mahasiswa menjadi pembicara-pembicara
hebat yang suaranya dapat didengarkan. Salah satunya melalui pelatihan Public
speaking ini
- Tujuan
1.
Memberikan pengetahuan dan menumbuhkan kemampuan berbicara
efektif.
2.
Membekali mahasiswa dengan wawasan, sikap dan keterampilan public
speaking.
3.
Meningkatkan dan memantapkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa.
4.
Meningkatkan dan melejitkan prestasi mahasiswa dengan self
confident.
5.
Mendorong, membimbing serta mengarahkan untuk pengembangan dan
pemberdayaan diri melalui public speaking
- Manfaat kegiatan
1. Bagi
peserta
a. Untuk
membekali peserta tentang cara mengembangkan keterampilan public speaking.
b.
Mengajarkan mahasiswa untuk cerdas dan terampil dalam public
speaking.
2. Bagi
instruktur
Untuk mengembaangkan pengetahuan
yang dimilikinya.
3. Bagi
evaluator
Sebagai bahan penilaian terhadap
tercapainya tujuan dari pelatihan yang dilakukan sehingga bisa menjadi patokan/
pedoman untuk mengadakan kegiatan selanjutnya.
D. Tema Kegiatan
“Melalui Pelatihan public speaking
kita ciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas, terampil dan komunikatif”
BAB II
PELAKSANAAN
- Bentuk Kegiatan
Adapun kegiatan yang akan diadakan pada latihan public
speaking ini diselanggarakan dalam bentuk:
1.
Materi organisasi
2.
Diskusi kelompok
3.
Praktek langsung
- Waktu Dan Tempat
Acara
ini insya Allah akan diselenggarakan pada :
Hari/Tanggal : Sabtu – 4 April 2015
Tempat : Ruang Sidang PKM UNP
C.
Peserta
Peserta pelatihan ini adalah mahasiswa Universitas Negeri
Padang.
- KEPANITIAAN
Susunan kepanitiaan
dari latihan Public Speaking ini adalah sebagai berikut :
Penanggung Jawab : Dosen pembimbing mata kuliah
manajemen
sistem kepelatihan Dra.
Fetri Yeni M.Pd
Ketua Panitia :
Shahmata Islami
Koordinator Instruktur : Andari Nelcha
Anggota Instruktur : Vori Alvionita,
Diena Rosyidiannisa
E. Pelaksana Kegiatan
Kegiatan
ini akan dilaksanakan oleh mahasiswa TP yang sedang mengambil mata kuliah Manajemen
Sistem Kepelatihan bekerjasama dengan Jurusan serta Himpunan Mahasiswa Jurusan TP.
F. Sasaran Kegiatan
Sasaran
utama acara ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang umumnya dan khususnya
pusat-pusat kegiatan mahasiswa selingkungan Universitas Negeri padang sebanyak 50 orang peserta.
G. Instruktur
Instruktur
pelatihan ini adalah salah seorang Jurusan
Geografi FIS UNP, Kepala Se Dosenkolah Public speaking dan Retorika
Indonesia (SPSRI) RRI Padang, Dosen Poli
Unand jurusan bahasa inggris, kosentrasi Public Speaking dan TV/Radio
Broadcasting.
H. Materi
Pelatihan
Materi
yang akan disampaikan hendaknya memiliki tujuan yang jelas dan hendaklah sesuai
dengan kebutuhan para peserta pelatihan. Adapun materi pelatihan ini adalah :
1.
Pengenalan
Public
speaking dan retorika
2. Strategi
jitu menjadi pembicara
- Praktek Public Speaking
I. Sumber Dana
Kegiatan ini
dilaksanakan dengan sumber dana sebagai berikut :
1. Kontribusi
peserta @ Rp 15.000,00
2. Panitia
dana kegiatan
BAB III
PENUTUP
Demikian
proposal ini kami buat dengan harapan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya
untuk tercapainya tujuan kegiatan yang telah kami rumuskan diatas, agar
mahasiswa dapat mengaplikasikan hasil pelatihan dalam membantu pengembangan
pendidikan kedepannya.
Besar
harapan kami supaya saudara/i untuk dapat berpartisasi menyukseskan acara yang
bermanfaat bagi mahasiswa ini. Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan
terima kasih.
Lampiran
I
STRUKTUR KEPANITIAN PELATIHAN
PUBLIC SPEAKING UNTUK MAHASISWA
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Penanggung
Jawab : Dra. Fetri Yeni J., M. Pd
Ketua
Pelaksana : Shahmata Islami
Wakil
Ketua : Vori Alvionita
Sekertaris : Andari Nelcha
Bendahara : Diena
Rosyidiannisa
Bidang
Acara : - Rezy anggraini
- Wiwi Nofiarida
Bidang Konsumsi : -
Tina Aggustian
- Fatimah azzahrah
Bidang
Perlengkapan : - andi saputra
- Rio Mairizal
Bidang Humas : - Try reza
wahyuni
- siti aysah
Bidang
keamanan : - Arif al anshari
- Joni Satria
Lampiran
II
A.
Jadwal
Kegiatan
Hari/Tanggal : Sabtu – 4 April 2015
Tempat : Ruang Sidang PKM UNP
WAKTU
|
NAMA
KEGIATAN
|
PEMATERI
|
09.00 – 09.30 WIB
|
Pembukaan
|
Pihak jurusan KTP UNP
|
09.30 – 12.00 WIB
|
Materi I “Public speaking Sebagai
Atribut Soft Skills”
|
Instruktur
dan Asisten
|
12.00– 13.00 WIB
|
ISHOMA
|
PANITIA
|
13. 00 – 15.00 WIB
|
Materi II “Strategi jitu menjadi
pembicara”
|
Instruktur
dan Asisten
|
15.00-15.30 WIB
|
Praktek
Public Speaking dan Retorika
|
Instruktur
dan Asisten
|
15.30-Selesai
|
PENUTUPAN
|
PANITIA
|
Lampiran
III
ANGGARAN DANA
A. Rancangan Biaya
1.
Kestari
a.
Pembuatan Proposal Rp. 40.000,-
b.
Surat Menyurat Rp. 80.000,-
c.
Pembuatan kokarde peserta 50 x @Rp.5.000,- Rp. 250.000,-
d.
Pembuatan Kokarde Panitia 20 x @ Rp.5.000,- Rp. 100.000,-
e.
Amplop berkop 2 rim x @ Rp.25.000,- Rp. 50.000,-
f.
Sertifikat peserta 50 @ Rp. 5.000,- Rp. 250.000,-
h.
Sertifikat Panitia 20 @ Rp.5.000,- Rp. 100.000,-
i.
Honor pemateri 2 @ Rp.125.000,- Rp. 250.000,-
Jumlah Rp. 1.120.000,-
2.
Perlengkapan
a. Aula x @100.000 Rp.
100.000,-
b.
Spanduk 2 x@ Rp.150.000,- Rp. 300.000,-
c.
Perlengkapan Soundsistem Rp. 100.000,-
d.
Kopian Modul Peserta 2 x 50 @2000 Rp. 200.000,-
Jumlah Rp 700.000,-
3.
Humas
dan dokumentasi
a.
Komunikasi Rp. 55.000,-
b.
Transportasi Rp. 35.000,-
c.
Sewa Camdig 2x @ Rp.50.000 Rp. 100.000,-
Jumlah Rp. 190.000,-
4.
Konsumsi
a.
Snack Peserta 50 orang x 2 @ Rp. 5000,- Rp.
500.000,-
b.
Snack Panitia 20 x 2 @ Rp. 5.000,- Rp. 200.000,-
c.
Snack pemateri 2 orang @Rp.10.000,- Rp. 20.000,-
d.
makan siang peserta 50 orang x @15000 RP. 750.000
e.
Makan siang panitia 20 orang x @15000 RP. 300.000
f.
Makan siang Pemateri 2 orang x @ 15000 RP 30.000
Jumlah Rp. 1.800.000,-
Rekapitulasi
Dana:
1.Kestari Rp 1.120.000,-
2.Perlengkapan Rp 700.000,-
3.Humas
dan Dokumentasi Rp. 190.000,-
4.Konsumsi Rp. 1.800.000,-
Total Rp. 3.810.000,-
(Tiga Juta Delapan Ratus Tiga Sepuluh
Ribu Rupiah)
EVALUASI
A.
Pengantar
Salam sejahtera,
Terlebih
dahulu saya mendoakan saudara/i dalam
keadaan sehat wal’afiat dan sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
Angket ini merupakan alat untuk mengungkapkan tentang pemahaman saudara/i selama mengikuti pelatihan ini.
Anda
diharapkan dapat menjawab semua pernyataan dalam angket ini sesuai dengan yang
anda pahami. Jawaban yang anda berikan akan dijaga kerahasiannya dengan baik.
Oleh sebab itu, anda diharapkan menjawab
pernyataan dalam angket ini dengan jujur dan sesuai dengan pemahaman anda yang
sebenarnya.
Atas
kesediaan dan kerja samanya,
kami ucapkan terima kasih.
B.
Petunjuk
Berikut ini dikemukakan pernyatan yang
menyangkut tentang pelatihan ini yang anda pahami. Anda diminta untuk menjawab
pernyataan ini sesuai dengan pemahaman anda masing-masing dengan member tanda
silang (V) pada jawaban yang anda anggap paling sesuai dengan pamahaman anda.
Adapun jawaban yang diberikan adalah:
SS
= Sangat Setuju
S
= Setuju
CS
= Cukup Setuju
KS
= Kurang Setuju
TD=
Tidak setuju
Contoh
:
NO
|
PERNYATAAN
|
JAWABAN
|
||||
SS
|
S
|
CS
|
KS
|
TS
|
||
1.
|
Materi yang diberikan
sangat mudah di pahami
|
V
|
Pada contoh diatas, anda dimisalkan
mengetahui tentang materi yang disajikan, oleh karena itu, anda member tanda
ceklist pada kolom jawaban sangat setuju.
Selamat
bekerja
ANGKET INSTRKTUR
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
||||
SS
|
S
|
CS
|
KS
|
TS
|
||
1.
|
Instruktur
pelatihan relevan dengan materi yang disampaikan
|
|||||
2.
|
Instruktur
berpenampilan menarik selama pelatihan berlangsung
|
|||||
3.
|
Dalam
menyampaikan materi, instruktur menggunakan bahasa yang lugas dan mudah
dimengerti
|
|||||
4.
|
Instruktur
menyampaikan materi dengan menarik
|
|||||
5.
|
Instruktur
memberikan pengarahan dengan jelas mengenai materi yang disampaikan
|
|||||
6.
|
Instruktur
menguasai materi yang disampaikan
|
|||||
7.
|
Instruktur
mampu menguasai suasana pelatihan
|
|||||
8.
|
Insruktur
dapat merespon dengan baik umpan balik dari peserta
|
ANGKET MATERI
No
|
Pernyataan
|
Pilihan
jawaban
|
||||
Ss
|
S
|
Cs
|
Ks
|
Ts
|
||
1
|
Materi yang
disampaikan merupakan materi yang penting dan menarik
|
|||||
2
|
Materi yang disajikan
materi yang bermanfaat dan perlu bagi peserta
|
|||||
3
|
Materi yang diberikan
mudah dimengerti
|
|||||
4
|
Media yang digunakan
mendukung materi pelatihan
|
|||||
5
|
Materi pelatihan
dapat dimanfaatkan dalam perkuliahan atau kegiatan sehari hari
|
ANGKET PANITIA
No
|
Pernyataan
|
Pilihan
jawaban
|
||||
Ss
|
S
|
Sc
|
Ks
|
Ts
|
||
1
|
Ruangan pelatihan
memberikan kenyamanan selama pelatihan berlangsung
|
|||||
2
|
Sarana dan prasarana
pelatihan mendukung dan memadai proses pelaksanaan pelatihan
|
|||||
3
|
Konsumsi yang
diberikan sesuai dengan selera peserta pelatihan
|
|||||
4
|
Panitia pelatihan
memberikan kemudahan bagi peserta pelatihan
|
|||||
5
|
penyampaian materi
efektif dengan waktu yang disediakan
|
0 Response to "contoh proposal manajemen sistem kepelatihan"
Post a Comment
Jika bermanfaat, Silahkan Tinggalkan Komentarnya :)