RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
OLEH :
RIO
ARJULIS
1204696
PRODI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XII / 2
Jumlah Pertemuan :
1x15
menit
1.
Standar
Kompetensi
Menggunakan perangkat lunak pembuat
persentase
2.
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan fungsi hyperlink serta
mempraktekkan di perangkat lunak pembuat persentase (microsoft powerpoint).
3.
Indikator
Mampu menjelaskan fungsi hyperlink
serta mempraktekkannya pada perangkat lunak pembuat persentase (microsoft
powerpoint).
4.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa
kelas XII SMA
mampu menjelaskan fungsi hyperlink serta mempraktekkannya pada
perangkat lunak pembuat persentase (microsoft powerpoint)
secara benar berdasarkan panduan dengan 80%
benar.
5.
Materi
Ajar
·
Mengetahui fungsi
animation dan hyperlink pada perangkat lunak pembuat persentase (microsoft
powerpoint).
6.
Alokasi
Waktu
1 X 15 Menit.
7.
Metode
Pembelajaran
·
Metode pembelajaran : Ceramah, praktik dan demonstrasi
8.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
ü Memberi salam pada siswa
ü Berdoa bersama
ü Mengabsen
Siswa
ü Menginformasikan
materi yang akan disampaikan
|
ü Menjawab
Salam pada siswa
ü Berdoa
Bersama
ü Menjawab
Panggilan Guru
ü Menyimak
Informasi materi yang akan disampaikan
|
ü Komunikatif
ü Religius
ü Komunikatif
ü Rasa Ingin
Tahu
|
b.
Kegiatan
Inti
1.
Fase
Eksplorasi
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
ü Menjelaskan hyperlink serta fungsinya dalam
perangkat lunak pembuat persentase (microsoft
powerpoint)
ü
Mempraktekkan membuat hyperlink
dari shape dan teks yang telah
disisipkan di lembar kerja.
ü
Guru memberikan tugas kelompok
dan setiap kelompok membuat lembar kerja pada powerpoint dengan hyperlink
yang telah di jelaskan sebelumnya.
|
ü Menyimak informasi materi yang akan disampaikan
ü Menyimak informasi materi yang akan disampaikan.
ü Setiap kelompok di beri waktu untuk melaksanakan tugasnya.
|
ü Rasa Ingin
Tahu
ü Rasa Ingin
Tahu
ü Pantang menyerah
|
2.
Fase
Elaborasi
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
ü Guru menunjuk beberapa
siswa perwakilan kelompok untuk membuat animation dan hyperlink pada lembar
kerja powerpoint yang telah ajarkan guru.
|
ü Peserta didik mengerjakan tugas yang
diberikan guru di depan kelas dan mempraktekkannya.
|
ü Bertanggung jawab, pantang menyerah
|
3.
Fase
Konfirmasi
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
ü Guru
mengoreksi jawaban siswa jika ada
kesalahan maka guru meluruskannya
|
ü Memperhatikan penjelasan guru
|
ü Rasa Ingin
Tahu
|
c.
Kegiatan
Penutup
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai Karakter
|
ü Memberi kesimpulan materi yang telah disampaikan
ü
Menginformasikan materi pada
pertemuan berikutnya
ü
Salam Penutup
|
ü Menyimak kesimpulan dari guru
ü
Menyimak Informasi dari guru
ü
Menjawab Salam
|
ü
Rasa Ingin Tahu
ü
Rasa Ingin Tahu
ü
Religius
|
9.
Penilaian
Hasil Belajar
a.
Teknik penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk instrument : Uraian
c.
Soal / instrument :
1. jelaskan langkah-langkah membuat animasi pada shape dan
tulisan yang telah disisipkan pada lembar kerja powerpoint?
2. Jelaskan langkah-langkah membuat hyperlink pada lembar
kerja powerpoint?
10.
Sumber
Belajar
Computer,
LCD, lembar kerja, buku paket, dan tayangan.
0 Response to "Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Micro Teaching"
Post a Comment
Jika bermanfaat, Silahkan Tinggalkan Komentarnya :)