TUGAS ANALISIS DAN RESUME
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
TENTANG
4 LANGKAH MERAIH SUKSES


OLEH:

 ANDARI NELCHA    
       1200407

KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014

IDENTITAS BUKU
Judul Buku : 4 Langkah Meraih Sukses
Pengarang: Arif Yosodipuro
Tahun Terbit: 2012
Tempat Terbit: Jakarta
Penerbit: P.T Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku : 210
Cetakan : Pertama Kali dalam Bahasa Indonesia
ISBN: 978-979-22-8742-4





Resume 4 Langkah Meraih Sukses


1.                  Ambisi
Ambisi adalah keinginan yang ingin diwujudkan. Menurut the webster’sdictonari ambisi adalah keinginan yang kuat untuk memperoleh kesuksesan dalam hidup dan mencapai hal-hal besar attau baik yang diinginkan.
Memiliki ambisi bagi seseorang adalah hal yang wajar karena berambisi untuk sukses adalah wajar selagi ambisi itu baik dan cara mencapainya baik itu juga hal yang wajar, namun apabila sebaliknya itulah yang tidak wajar. Sebab ambisi yang negatif disebut ambisius yang artinya orang yang terlalu berambisi di luar batas kewajaran. Bagi orang yang ingin sukses berambisius tudak lah perlu, karena sukses hanya memiliki ambisi bukan berada di luar batas ambisi itu sendiri.
Dengan adanya ambisi maka seseorang akan terdorong dan bersifat pantang menyerah untuk mewujudkan apa yang di inginkannya.kekuatan dari ambisi adalah dengan adanya ambisi maka seseorang akan bersifat pantang mundur sebelum ia dapat mewujudkan keinginannya, ini lah salah satu yang diperlukan untuk sukses.
Selanjutkannya jadikan mimpimu sebagai ambisi mu. Maksudnya hendaklah apabila kita ingin sukses, ciptakankanlah mimpi-mimpi mu yang banyak,sehingga dengan adanya mimpi maka diharapkan dapat memiliki ambisi untuk mencapai atau mewujudkan mimpi tersebut. Dengan tercapainya mimpi maka kita bisa dikatakan sukses.
Ambisi juga dapat dijadikan sebagai pendongkrak motivasi, sebab ambisi akan mendorong seseorang untuk berbuat apapun demi terwujudnya sebuah kesuksesasan. Motivasi ini tergerak dari tuntutan terwuujudnya keinginan. Kekuatan ambisi akan mempengaruhi motivasi. Semakin besar ambisi maka semakin besar pula motivasi. Motivasi adalah sebuah dorongan. Motivasi ini muncul dengan adanya motif. Motif adalah sebab-sebab yang menjadi dorongan tindakan seseorang. Jadi motivasi juga akan muncul apabila dirangsang oleh motif, sehingga dengan adanya motivasi diharapkan seseorang memiliki dorongan dan semangat untuk mencapai keinginan dan ambisinya sehingga ini dapat dijadikan sebagai salah satu kunci sukses.
2.                  Aksi
Setelah ambisi dimiliki selanjutnya adalah melakukan aksi. Artinya lakukan kegiatan yang bisa mewujudkan ambisi tersebut. Jangan hanya ambisi disimpan didalam pikiran dan jangan biarkan ambisi membeku bersama penundaan pengambilan langkah. Jangan membiarkan ambisi membisu bersamakeengganan berbuat.
Banyak orang yang memiliki ambisi namun ambisi itu hanya dsimpan didlam memori dan tak ada langkah untuk mewujudkannya. Apalah arti sebuah ambisi tanpa adanya upaya untuk merealisasikannya. Kesuksesaan adalah hal yang nyata, dapat dilihat, dapat dirasakan, dapat dicapai, dapat direalisasikan.
Kesuksesaan memerlukan proses. Kesuksesan dimulai dari ambisi kemudian diwujudkan di dalam sebuah aksi. Tidak mungkin kesuksesaan datang tanpa adanya aksi, karena kesuksesan perlu proses dan aksi.
Segera memulai adalah bagian proses dalam merealisasikan sebuah ambisi. Semakin cepat kita bertindak maka ambisi dapat tercapai.
Sosialisasi dalam beraksi adalah langkah yang dilakukan yaitu upaya pngenalaan tentang apa yang kita lakukan. Hal ini diperlukaaan karena dengan melakukan promosi maka apa yang kita lakukan dapat dikeetahui orang lain. Misalnya jika seorang pedagang, apabila ingin dagangannya laku maka dilakukan lah promosi agar dagangannya dapat sukses terjual. Dalam mempromosikan ini dapat dilaukan melalui media massa,internet, dll.
Dengan bersosialisasi maka dapat membangun opini publik yang baik terhadap kita. Disamping itu akan membuat kita tenar dan daya jual akan meningkat. Karena itulah diperlukan hal untuk membangun opini publik untuk mendukung kesuksesaan kita. Ada 2 hal dalam rangka membangun opini publik. Yaitu:
a.       Branding
Branding adalah membuat cap,stempel, dan identitas diri. Branding diri ini berpengaruh kepada kesuksesaan karena kualitas branding sangat berperan dalam mempengaruhi pikiran publik. Karena itu pemilihan branding harus bisa meyakinkan publik bahwa kita adalah orang yang berkualitas, layak dipasarkan, dan bisa bersaing.
b.       Pesona dan potensi diri.
pesona dan kualitas publik akan membentuk opini publik. Dengan mengetahui pesona dan potensi diri,publik akan menilai dan memberikan apresiasi kepada kita.
Pesona diri akan dilihat dari performa dan tanggung jawab. Seseorang akan dinilai oleh publik dari tutur kata, bertindak, bertanggung jawab kepada diri sendiri dan masyarakat.

Selanjutnya di aksi yang dapat dilakukan adalah menemukan kreasi dan inovasi. Kreasi dan inovasi maksudnya disini adalah bagaimana cara supaya kita sebagai seseorang harus mampu menciptakan atau mengembangkan hal-hal baru yang mampu menarik orang lain untuk melakukannya atau membelinya, sehinnga kita dapat bersaing di dunia global. Dan tentu suatu kreasi dan inovasi yang diciptakan adalah hal yang berkualitas.
Setelah melakukan aksi maka langkah dari mencapai kesuksesaan akan segera datang. Karena sukses itu tidak hanya sampai mempunyai ambisi namun aksi juga diperlukan untuk mencapai kesuksesaan.

3.                  Relasi
Keterkaitan antara relasi dan kesuksesaan adalah saling berhubungan karena manusia itu adalah mahkluk sosial sehingga saling membutuhkan anatara yang satu dengan yang lain, itulah kenapa relasi dibutuhkan untuk mencapai kesuksesaan karena tidak mungkin kesuksesaan itu dicapai dengan sendirinya.
Relasi tidak akan terbentuk dengan sendirinya tetapi perlu aksi dan persuasi. Kita perlu persuasi agar memiliki relasi, dan untuk membangun relasi orang memiliki gaya dan model sendiri. Didalam relasi diperlukan pendekataan dan perayuan kepada orang yang akan dijadikan relasi, dan itu membutuhkan hal yang menarik untuk bisa mempengaruhi relasi kita.
Didalam relasi hendaklah tidak hanya sebagai parthner kerja tetapi dijadikan bagaikan family. Dengan adanya persaudaraan maka mereka akan dapat mendukung kesuksaan kita yang hendak diraih. Relasi adalah pembawa rezeki jika relasi yang kita jalin berlandaskan persaudaran maka nanti nya akan dapat mendatangkan rezeki. Sebagai mana yang telah dikatakan didalam agama bahwa hendaklah kita menjalin silaturrahmi. Satu dari berkah silaturrahmi adalah dilapangkan rezekinya.

4.                  Ilahi
A.  Berlindung kepada ilahi
Maksudnya adalah berdoa kepada tuhan. Karena manusia adalah makhluk yang serba kekurangan maka memerlukan perlindungan dari yang Maha Agung. Apapun yang dilakukan dan apa yang diinginkan tidak terlepas dari peran tuhan. Tuhan tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia, baik apakah manusia itu percaya atau tidak percaya peran tuhan tetaplah ada.
Dengan adanya tuhan, maka anda bisa mengatasi segala permasalahan karena tuhan itu berperan dalam menuju kesuksesan. Tuhan itu berperan didalam menuju kesuksesaan karena:
1.            Allah Arrahman Rahim kepada Hamba_Nya.
Maksudnya disini sifat Allah yang mengasihi dan menyayangi mahkluk-Nya. Sehingga Allah memberikan kenikmatan yang tak terhingga dari lahir sampai sekarang, nah manusia yang mampu memaksimalkan potensi yang di peroleh dari sifat Allah yang Rahman Rahim-Nya ia yang akan merengkuh kesuksesaan
2.            Allah Dzat pemberi rezeki
Orang yang sukses itu adalah pemberian rezeki dari Allah, jadi tidak ada manusia yang sukses hanya atas usahanya saja tetapi juga dari kehendak Allah yang memberikan rezeki kepada makhluknya, nah jadi untuk meraih sukses hendaklah banyak-banyak berdoa kepada tuhan untuk diberikan rezeki yang berlimpah. Karena Allah lah yang memberikan rezeki.

B. Peran BerTuhan terhadap kesuksesaan
1.              Penambah spirit
2.              Penguat Motivasi
3.              Pemantap keyakinan akan kesuksesan.
4.              Penyeimbang aktivitas, dan
5.              Muara bertawakal.
Hal-hal diatas di peroleh apabila kita memiliki tuhan sehingga kita dapat tetap semangat, tegar, sabar, tawakal dan bersyukur atas semua yang diterima dan tabah dalam menjalani masalah-masalah yang muncul sehingga kesuksesasan itu dapat diraih.
C. Support dengan aktivitas rohani
Aktivitas rohani adalah kegiataan penyeimbang sebuah aksi sehingga terjadi sebuah aksi       yaitu jasmani dan rohani, karena dengan dua aktivitas ini maka akan memberikan kekuatan yang dahsyat terhadap terealisasinya sebuah impian. Efek dari kegiatan rohani adalah adanya kedekatan dengan Allah sehingga tercipta lah rasa saling mengasihi dan menyangi. Diantara kegiatan rohani yang dapat dilakukan adalah :
1.            Antara ibadah dan Hikmah dalam shalat Wajib
Maksudnya adalah melaksanakan shalat wajib secara secara tepat waktu karena shalat wajib itu memiliki banyak hikmah dalam mencapai kesuksesan yaitu:
a. Shalat mengidentifikasikan kita taat kepada Allah
b. Shalat sebagai media komunikasi kepada sang Khaliq
c. Menjalankan shalat akan mendapatkan ketenangan jiwa
d. Shalat menanamkan etos kerja dan semangat kerja
e. Shalat lima waktu menanamkan disiplin
f. Shalat menyucikan hati
2.                        Refleksikan ibadah shalat sunnah dhuha, tahajud dan hajat.
Dengan melakukan shalat sunnah maka semakin lengkap lah kita menrefleksikan rohani atau jiwa kita sehingga mampu membuat tenang, dan mendapatkan hikmah dari ibadah yang dilakukan
3.                        Refleksi puasa terhadap kesuksesaan
Setelah melaksanakan shalat wajib dan sunnah usahakan juga melakukan puasa       , sehingga dengan berpuasa kita dapat menahan hawa nafsu yang tidak baik dari diri manusia
C. Perbanyak lah berbuat amal terpuji demin kesuksesaan.
Hal yang dimaksud adalah dengan melakukan :
1.              Amal shaleh yaitu memiliki moral dan etika.
2.              Gemar bersedekah
3.              Dan hal lain yang bersifat amal terpuji.

D. Urgensi doa dan tawakal dalam meraih kesuksesasan.
Berdoa adalah bentuk harapan kepada Allah SWT yang berupa harapan kepada Allah.doa adalah penyeimbang antara usaha dan realita serta antara ambisi dan aksi. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan agar doa kita makbul atau dapat dikanulkan allah SWT :
1.                        Menghadapkan diri kepada kiblat
2.                        Berdoa dengan khusyuk dan tawadhu
3.                        Berhamdallah dan bertasbih
4.                        Memohon ampunan
5.                        Menghindari maksiat dan selalu beramal shaleh
6.                        Optimis dan penuh keyakinan.
Dan adapun waktu maqbul untuk berdoa diantaranya adalah :
1.                        Antara adzan dan iqamat
2.                        Sepertiga terakhir malam
3.                        Akhir shalat wajib/fardhu
4.                        Hari jumat
5.                        Sedang dzhalimi dan sebagainya
6.                        Bulan Ramadhan
7.                        Hari Arafah
8.                        Ketika sedang sujud.
Nah, dengan melakukan 4 langkah tadi maka kesukesaan akan di raih yaitu dengan melakukan Ambisi+ Aksi+ Relasi dan Ilahi. Kesuksesan akan menghampiri orang yang mampu melakukannya dengan baik, dan dengan melakukan 4 langkah tadi maka kita tidak hanya sukses di dunia tapi juga di akhirat.
Analisis 4 langkah Meraih Sukses

A.                Buku ini dipilih karena tidak ada manusia yang tidak ingin sukses sehingga di pilih            lah buku ini untuk dapat dibaca dan di ikuti langkah nya untuk dapat    meraih             kesuksesaan.

B.                 Bahasa yang digunakan buku adalah bahasa yang mudah dipahami dan menarik     untuk dibaca sehingga buku ini membuat saya paham untuk memperoleh kesuksesan          itu haruslah berusaha baik secara jasmani ataupun rohani.
C.                 Desain grafis pada cover buku menurut saya bagus dan menarik untuk dilihat serta            sesuai dengan isi didalam bacaan buku, sehingga buku ini dapat menarik perhatian     pembaca untuk membaca buku ini.
D.                Didalam buku terdapat contoh-contoh yang begitu banyak yang menjelaskan setiap           bab yang terkandung didalam bab dan menurut saya contoh itu sesuai dengan apa     yang dijelaskan antara materi dan contoh diberikan sehingga pembaca paham dengan   yang dijelaskan didalam materinya namun menurut saya contoh yang diberikan         terlalu banyak sehingga pembaca kadang bosan untuk membaca contoh yang lainnya.
E.                 Hikmah yang diperoleh didalam membaca buku adalah:
1.    Buku ini meberikan motivasi kepada pembaca untuk dapat memiliki motivasi                     dan semangat untuk mencapai sesuatu yang di inginkan
2.    Membuat pola pikir kita berubah dimana manusia itu tidak hanya harus                                           mempunyai ambisi namun perlu dilakukan aksi baik berupa jasmani maupun                               rohani.
3.    Buku ini juga membuat kita sebagai pembaca bahwa kesuksesaan tidak dapat                                 diraih dengan sendiri nya namun diperoleh dengan adanya relasi dan Tuhan.
4.    Buku ini juga memberikan manfaat bahwa kedekatan kepada sang Khaliq juga                   merupakan faktor yang membuat seorang sukses
5.    Buku ini juga memberikan manfaat bahwa setelah kita melakukan usaha                                         hendaklah setelahnya diiringi dengan doa dan tawakal kepada Allah.
6.    Dan yang terakhir buku ini memberikan motivasi bahwa kita dapat menjadi                                    orang sukses baik dari segi duniawi dan akhirat.     

 

0 Response to " "

Post a Comment

Jika bermanfaat, Silahkan Tinggalkan Komentarnya :)