PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN

JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN
1.      Perpustakaan internasional
A.        Perpustakaan internasional yaitu Perpustakaan kerjasama antara dua Negara.                      Perpustakaan Internasional ini dibuat untuk memenuhi standard an                                                 kebutuhan masyarakat akan tempat membaca juga untuk meningkatkan                              pendidikan di masyarakat.
B. Perpustakaan Internasional Merupakan perpustakaan internasional yang                              memiliki koleksi yang menyangkut negara-negara anggota atau                                   negara-negara yang berafiliasi kepada lembaga dunia tersebut. Perpustakaan                   ini dikelola dan diselenggarakan lembaga internasional. (Sutarno NS                                          (2006:37)
Contoh:
-   Perpustakaan Parlemen Jepang di Gedung Utama Tokyo
2.   Perpustakaan nasional
A       Perpustakaan nasional merupakan perpustakaan terbesar untuk sesebuah                             negara dan mempunyai koleksi terbanyak serta menjadi pusat rujukan                                 utama.
B.      Perpustakaan Nasional adalah lembaga pemerintah non departemen (LPND)                      yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang                 berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan,                                                   perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan                  pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibukota negara.
C.      Perpustakaan Nasional (1) adalah perpustakaan yang berkedudukan di                                ibukota negara yang mempunyai tugas untuk menghimpun, menyimpan,                                   melestarikan dan mendayagunakan semua karya cetak dan karya rekam yang                   dihasilkan di wilayah Republik Indonesia. (Pasal 1 Angka 5 UU Nomor 4                      Tahun 1990 Tentang Serah-Simpan Karya Cetak Dan Karya Rekam).                             Perpustakaan Nasional (2) adalah lembaga pemerintah non departemen                        (LPND) yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan                      yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan,                                    perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan               pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibukota negara. (Pasal 1                       5 UU Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan).
D.      Merupakan Perpustakaan Nasioal yang berkedudukan di Ibu Kota Negara             Indonesia yang mempunyai jangkauan dan ruang lingkup secara Nasional                      dan merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND)                yang bertanggung jawab kepada Presiden. (Sutarno NS (2006:37)
Contoh :
-   Perpustakaan Negara Malaysia.
-   Perpustakaan Provinsi
-   Perpustakaan Kabupaten/Kota
3. Perpustakaan umum/keliling
A.      Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi                                     masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa                                                 membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status                                                      sosial-ekonomi.
B.      Pengertian perpustakaan umum secara luas adalah tempat atau lokasi yang             menghimpun koleksi buku, bahan cetakan serta rekaman lain untuk                                        kepentingan masyarakat umum. Perpustakaan umum dapat di artikan juga                       sebagai lembaga pendidikan bagi masyarakat umum dengan menyediakan                   berbagai macam informasi ilmu pengetahuan, budaya dan teknologi untuk      meningkatkan dan memperoleh pengetahuan bagi masyarakat luas.
C.      Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang bertugas mengumpulkan,               menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat                        umum. Perpustakaan umum diselenggarakan untuk memberikan pelayanan                  kepada masyarakat umum tanpa memandang latar belakang pendidikan,                         agama, adat istiadat, umur, jenis dan lain sebagainya, maka koleksi                                            perpustakaan Umum pun terdiri dari beraneka ragam bidang dan pokok                              masalah sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakainya.
D.      Perpustakaan umum merupakan lembaga pendidikan bagi masyarakat umum                      (Sutarno NS (2006:37)
Contoh:
-         Perpustakaan Umum Kecamatan, adalah Perpustakaan yang berada                                                 di Kecamatan sebagai cabang layanan Perpustakaan                                                                                     Kabupaten/Kota yanglayanannya diperuntukkan bagi masyarakat di                                                wilayah masing-masing.
-                     Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan adalah perpustakaan yang                                                      berada di Desa/Kelurahan sebagai cabang layanan Perpustakaan                                                      Kabupaten/Kota yang layanannya diperuntukkan bagi masyarakat                                       di desa/kelurahan masing-masing.
4.      Perpustakaan swasta/pribadi
a.    Merupakan perpustakaan yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan                     atau orang-orang tertentu bersama anggota keluarganya. (Sutarno NS                          (2006:37)
 b.   Perpustakaan Pribadi : Perpustakaan yang diperuntukkan untuk koleksi                              sendiri dan dipergunakan dalam ruang lingkup yang kecil.
Contoh :  Perpustakaan keluarga.
5.    Perpustakaan khusus
A. perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang dibina oleh                                                             syarikat-syarikat persendirian yang mempunyai koleksi berkaitan                                         perniagaan mereka.
B. Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diperuntukkan secara                                  terbatas bagi pemustaka di lingkungan lembaga pemerintah, lembaga                                    masyarakat, lembaga pendidikan keagamaan, rumah ibadah, atau                                       organisasi lain.
C. Perpustakaan khusus adalah salah satu jenis perpustakaan yang dibentuk                             oleh lembaga (pemerintah/swasta) atau perusahaan atau asosiasi yang                              menangani atau mempunyai misi bidang tertentu dengan tujuan untuk                                   memenuhi kebutuhan bahan pustaka/informasi di lingkungannya dalam                            rangka mendukung pengembangan dan peningkatan lembaga maupun                                     kemampuan sumber daya manusia.
D. Perpustakaan khusus berada pada lembaga-lembaga pemerintahan dan                                swasta. Perpustakaan tersebut diadakan sebagai sumber informasi dan                                 ilmu pengetahuan yang berkaitan baik langsung maupun tidak langsung                                dengan instansi induknya. . (Sutarno NS (2006:37)
E.  Perpustakaan Khusus : Perpustakaan yang diperuntukkan untuk koleksi-                             koleksi tokoh terkenal.
Contoh:
- Perpustakaan Khusus SIRIM yang mengandung koleksi hanya                                                    Berkaitan SIRIM sahaja. Penggunanya pula adalah kakitangan SIRIM                                dan penyelidik luar yang mau maklumat mengenai SIRIM.
-   Perpustakaan Bung Hatta.
6.  Perpustakaan sekolah
A.      Pengertian perpustakaan sekolah secara umum adalah sebuah tempat yang             menyediakan koleksi literatur yang berguna bagi pendidikan di sekolah.                                 Keberadaannya pun menyatu dengan lingkungan sekolah, serta hanya bisa                  diakses oleh civitas akademika sekolah yang bersangkutan.
B.      Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah                              sekolah dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan, dengan tujuan                utama untuk membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan                     tujuan pendidikan pada umumnya.
C.      Perpustakaan sekolah berada di sekolah, dikelola sekolah, dan berfungsi                             untuk sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian sederhana, menyediakan                bahan bacaan, dan tempat rekreasi. (Sutarno NS (2006:37)
Contoh :
Perpustakaan SD/MI, perpustakaan SMP/MTs, perpustakaan SMA/MA.
7.   Perpustakaan perguruan tinggi
A.      Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang terdapat di                                        institut pengajian tinggi dan koleksi-koleksinya berasaskan kursus yang                               terdapat di pusat pengajian tinggi tersebut.
 B        Perpustakaan perguruan tinggi ialah perpustakaan yang terdapat pada                                 perguruan tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi                                    dengan perguruan tinggi, dengan tujuan utama membantu perguruan tinggi                  mencapai tujuannnya.
 C.       Perpustakaan yang berada di Perguruan Tinggi, baik berbentuk Universitas,                        Akademi, Sekolah Tinggi, ataupun Institut. Keberadaan, tugas dan fungsi                   perpustakaan tersebut adalah dalam rangka melaksanakan Tri Dharma                                Perguruan Tinggi, meliputi pendidikan, penelitian / riset dan pengabdian                                     kepada             masyarakat (Sutarno NS (2006:37)
Contoh:
-      Perpustakaan Unnes,
-     Perpustakaan Universiti Sains Malaysia,
-     Perpustakaan Sultanah Zanariah (PSZ, Universiti Teknologi Malaysia)
-     Perpustakaan Tun Dr Ismail (UiTM, Johor).
Selain dari 7 jenis perpustakaan tersebut, terdapat lagi dua jenis perpustakaan yang sedang booming pada saat ini, yaitu perpustakaan digital dan hibrida.
1.         Perpustakaan Digital
                        Perpustakaan digital adalah perpustakaan dimana seluruh koleksinya sudah            berbentuk digital. sementara menurut Digital Library Federation di Amerika Serikat    memberikan definisi perpustakaan digital sebagai organisasi-organisasi yang       menyediakan sumber-sumber, termasuk staff dengan keahlian khusus, untuk              menyeleksi, menyusun, menginterpretasi, memberikan akses intelektual,                  mendistribusikan, melestarikan, dan menjamin keberadaan koleksi karya-karya            digital sepanjang waktu sehingga koleksi tersebut dapat digunakan oleh komunitas        masyarakat tertentu atau masyarakat terpilih, secara ekonomis dan mudah.
Berdasarkan International Conference of Digital Library 2004,konsep Perpustakaan digital adalah sebagai perpustakaan elektronik yang informasinya didapat, disimpan, dan diperoleh kembali melalui format digital. Perpustakaan digital merupakan kelompok workstations yang saling berkaitan dan terhubung dengan jaringan (networks) berkecepatan tinggi. Perpustakaan digital ini banyak dikembangkan oleh perpustakaan-perpustakaan Universitas di Amerika Serikat.
2.                  Perpustakaan Hibrida
                        Perpustakaan hibrida adalah perpustakaan dimana koleksinya terdiri dari koleksi    cetak dan juga koleksi elektronik. Sementara teknologi yang digunakan sebagai      pendukung dalam aktivitas perpustakaan seperti temu kembali informasi. Proyek         perpustakaan hibrida ini terutama banyak dikembangkan oleh             perpustakaan-perpustakaan universitas di Inggris. Perbedaan yang mendasar antara            perpustakaan digital dan perpustakaan hibrida adalah tentunya jenis koleksinya,   dimana perpustakaan digital seluruh koleksinya berbentuk digital sementara koleksi    untuk perpustakaan hibrida ada 2 jenis yaitu cetak dan elektronik. Selain itu,             perpustakaan digital tidak memerlukan sebuah bangunan (gedung) untuk koleksinya,         karena user hanya tidak mengakses saja lewat internet, sementara perpustakaan            hibrida masih memerlukan sebuah gedung untuk menempatkan koleksinya. Tentunya   perpustakaan hibrida ini membutuhkan pustakawan atau ahli informasi untuk             membantu para penggunanya sementara perpustakaan digital tidak membutuhkan pustakawan karena memang sifatnya yang seperti itu.
Selanjutnya ada beberapa macam/jenis perpustakaan lainnya:
1.         Perpustakaan online
Perpustakaan online adalah Perustakaan yang berada didunia maya atau cyber dan tidak membentuk buku tetapi hantar data atu tulisan yag diambil dari sebuah buku karya seseorang. Perpustakaan online memang murah dan tidak susah cape-capek membeli buku yang kita inginkan ke toko buku Tetapi  hanya dengan membuka internet saja. Perpustakaan onlin mempunyai kelemahan yaitu kita suah mencari buku yang kita inginkan dalam dunia internet dan kita harus mencari diantar bebrapa halaman untuk mencari daftar situs buku yang kikta cari.
2.         Perpustakaan berjalan
Perpustakaan jarang sekali kita temukan karena perpustakaan ini memang jarang ada di indonesia dan hanya sedikit sekali yag ada di indonesia.
3.         Perpustakaan ruang
Jenis perpustakaan ini adalah jenis perpustakaan yag ada di indonesia. Perpustakaan ini ada di sebuah ruangan yang bukunya diatur dalam rak buku yang sudah tersedia.



0 Response to "PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN"

Post a Comment

Jika bermanfaat, Silahkan Tinggalkan Komentarnya :)